Minggu, 06 Juni 2010

Pemanfaatan Internet dalam Pembelajaran

Peluncuran WWW (world Wide Web) pada 1990-an telah membuka babak baru dalan perkembangan internet yang sudah ada sejak 1950-an. Sejak saat itu tulang punggung utama internet tulang punggung utama internet sedah berpindah dari DARPA dan badan penelitian ke perusahaan swasta di Amerika Serikat. Hanya setelah digunakan untuk untuk transaksi bisnis dan komersil, potensi internet menjadi semakin jelas. Dengan demikian, internet tidak lagi merupakan a sleeping giant.
Kini, selain di gunakan untuk mengakses berbagai informasi, internet juga digunakan sebagi alat pembayaran, perdagangan, pemasaran dan pendidikan. Untuk dapat menggunakannya, perlu diketahui URL (Uniform Resource Locator). Suatu contoh alamat web di internet yang mempunyai format generik http://www.gu.edu.au/gwis/cinemeidahome.html.
Setelah diberikan sayap WWW, internet berkembang pesat menjadi museum maya, perpustakaan maya dan pasar raya informasi maya yang paling besar di dunia. Justru itu, ia dijadikan dasar untuk membangun duni informasi dunia.
A. Pengertian Internet
Istilah INTERNET berasal dari bahasa Latin inter, yang berarti “antara”. Secara kata per kata INTERNET berarti jaringan antara atau penghubung. Memang itulah fungsinya, INTERNET menghubungkan berbagai jaringan yang tidak saling bergantung pada satu sama lain sedemikian rupa, sehingga mereka dapat berkomunikasi. Sistem apa yang digunakan pada masing-masing jaringan tidak menjadi masalah, apakah sistem DOS atau UNIX. Sementara jaringan lokal biasanya terdiri atas komputer sejenis (misalnya DOS atau UNIX), INTERNET mengatasi perbedaan berbagai sistem operasi dengan menggunakan “bahasa” yang sama oleh semua jaringan dalam pengiriman data. Pada dasarnya inilah yang menyebabkan besarnya dimensi INTERNET. Dengan demikian, definisi INTERNET ialah “jaringannya jaringan”, dengan menciptakan kemungkinan komunikasi antar jaringan di seluruh dunia tanpa bergantung kepada jenis komputernya.
Selain itu juga Internet adalah singkatan dari Interconnected Network. Secara umum Internet adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan berbagai mesin komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Mesin komputer tersebut dapat berupa server, PC, handphone, PDA, dan lain-lain.
B. Pengertian Internet Menurut Para Ahli
Ada beberapa ahli yang menyebutkan pengartian internet antara lain ialah:
1. Wiliams, merumuskan internet sebagai “a large collection of computers in networks that are tied together so that many users can share their vast resours`
2. Kitao mengatahan bahwa internet merupakan suatu jaringan computer lainnya ke seluruh penjuru dunia.
C. Prinsip Kerja Internet
Bagaimana sebuah mesin komputer dapat terhubung ke internet?
Anda tentu masih ingat tentang jaringan komputer. Ya, sebuah komputer dapat terhubung dengan komputer lain dalam sebuah jaringan, yang disebut network. Jaringan computer juga dapat saling terhubung membentuk sebuah jaringan yang kompleks yang disebut sebagai internet. Mereka terhubung baik melalui kabel, saluran telepon, serat optik, satelit, frekuensi saluran handphone, serta media apa saja yang mungkin dialiri data.
Lalu bagaimana komputer Anda dapat terhubung ke internet? Salah satu caranya adalah memanfaatkan layanan dari perusahaan penyedia akses internet, yang disebut dengan ISP (Internet Service Provider). Dengan adanya ISP, maka komputer dapat berhubungan dan bertukar data dengan komputer lain di seluruh dunia.
D. Fungsi Internet
Menurut kenji kitao, setidaknya ada enam fungsi internet yang dapat di manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari (kitao, 1998), yaitu fungsi sebagi alat komunikasi, sebagi alat mengakses informasi, fungsi pendidikan dan pembelajaran, serta fungsi tambahan, fungsi pelengkapan dan funsi pengganti
1. Fungsi Alat Komunikasi
Internet berfungsi sebagi alat komunikasi, karena Internet dapat menghubungkan kita dengan berbagai pihak di berbagai lokasi di seluruh dunia.Misalnya kita bisa kirim data atau surat dengan berbagai pihak diseluruh dunia dengan menggunakan fasilitas Electronic mail (E-mail). Selain fasilitas Electronic mail internet juga menyediakan fasilitas untuk ngobrol yang dalam internet disebut chatting. Kemampuan internet lainnya adalah Usenet ,yaitu forum yang disediakan bagi pengguna internet untuk berbagi informasi dan pemikiran mengenai suatu topk melalui bulettin elektronik. Dengan menggunakan forum ini,pengguna dapat mengirim pesan mngenai topik bersangkutan dan menerima tanggapan dari pihak lain. Selain berkomunikasi lewat e-mail bisa juga berkomunikasi atau berdiskusi lewat chatting maupun mailing list.
2. Fungsi Alat informasi
Melalui internet kita juga dapat mengakses berbagai informasi yang disajikan oleh berbagai surat kabar atau majalah tanpa harus berlangganan dan Internet juga terhubung dengan ratusan katalog perpustakaan, sehingga penggunaannya dapat meneliti ribuan data base yang terbuka untuk umum melalui jaringan tersebut yang disediakan oleh perusahaan, pemerintah ataupun niralaba. Pengguna internet dapat mempergunakan informasi ini untuk berbagai keperluan bisnisnya, sehingga bisa mengetahui kondisi lingkungan termasuk pesaing dan perkembangan kepentingan para stakeholder.Beberapa metode atau alat untuk mengakses komputer dan mencari file yang dapat diterapkan melalui internet adalah gopher, archie, dan wide area information servers.
3. Fungsi pendidikan dan pembelajaran
Perkembangan teknologi internet yang sangat pesat dan merambah ke seluruh penjuru dunia telah dimanfaatkan oleh berbagai Negara, institusi, dan ahli untuk berbagai kepentingan termasuk di dalamnya untuk pembelajaran. Pembelajaran melalui internet dapat di berikan dalam beberapa format (Wulf, 1996), di antaranya adalah:
a) Electronic mail
b) Bulletin boards / newsgroups for discussin of special group
c) Interactive tutorials on the web
d) Real time, interactive conferencing using MOO (Multiuser Object Oriented) systems or Internet Relay chat.
4. Fungsi Tambahan
Dikatakan berfungsi sebagi suplemen (tambahan), apabila peserta didik mempunyai kebebasan memilih, apakah akan memenafaatkan materi pembelajaran elektronik atau tidak. Dalam hal ini, tidak ada kewajiban/keharusan bagi peserta didik untuk mengakses materi pembelajaran elektronik. Sekalipun sifatnya hanya oprasional.
5. Fungsi Pelengkap
Dikatakan berfungsi sebagi komplemen (pelengkap), apabila materi pembelajaran elektronik diprogramkan untuk melengkapi materi pembelajaran yang diterima peserta didik di dalam kelas. Sebagai komplemen berarti materi pembalajaran elektronik diprogramkan untuk menjadi materi reinforcement (pengayaan) yang bersifat enrichment atau remedial bagi peserta didik di dalam mengikuti kegiatan pembelajaran konvensional.
6. Fungsi pengganti
Beberapa perguruan tinggi di Negara-negara maju memberikan beberapa alternative model kegiatan pembelajaran/perkuliahan kepada peserta didik. Sehubungan dengan hal ini, ada 3 alternatif model kegiatan pembelajaran yang dapat dipilih para mahasiswa yaitu apakah mereka akan mangikuti kegiatan pembelajaran yang disajikan secara (1) konvensional (tatap muka) saja, atau (2) sebagian secara tatap muka muka dan sebagian lagi melalui internet, atau bahkan (3) sepenuhnya melalui internet.
E. Pemanfaatan Internet dalam pembelajaran
Apa yang dapat dilakukan dengan internet untuk pembelajaran diantaranya yaitu:
1. Browsing
Istilah umum dalam menjelajahi dunia maya internet Dilakukan dengan menggunakan fasilitas yang disebut browser (web browser) Contoh web browser:
a) Internet Explorer
b) Netscape Navigator
c) Mozilla FireFox
d) Opera
2. Sumber Bahan Ajar
Internet menyimpan informasi yang tanpa batas, sehingga dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi dan data bahan belajar. Diantaranya:
a. Perputakaan Digital
salah satu jenis perpustakaan yang besar koleksinya, kita dapat menemukan berbagai jenis buku dan informasi yang terkandung didalamnya.
misalnya: www.dglib.uns.ac.id, perpustakaan digital UNS Surakarta
b. Sumber belajar Online
Ada situs-situs berfungsi sebagai penyedia bahan belajar mulai dari pengetahuan yang bersifat umum hingga yang materi pelajaran Misalnya:
www.howstuffworks.com dan www.ilmukomputer.com
c. E-Book (Electronic Book)
Fasilitas yang memberikan informasi tentang tambahan penjelasan dari sebuah buku
Misalnya: www.williamstalling.com, situs penunjang buku pegangan dalam mata kuliah Organisasi computer.
3. Searching
Proses mencari informasi dan data bahan belajar di internet. Infirmasi data yang belum diketahui dapat dicari dengan menggunakan mesin pencari (search engine)
Contoh search engine:
a) Google, www.google.com
b) Yahoo, www.yahoo.com
c) Lycos, www.lycos.com
d) Altavista, www.altavista.com
4. Kominukasi
Internet juga menyediakan fasilitas yang memungkinkan untuk seseorang berkomunikasi, bahkan berkolaborasi. Fasilitas-fasilitas tersebut:
a) E-mail
Berasal dari kata electronic mail, Merupakan satu cara untuk mengirim pesan dalam format data elektronik. Penyedia layanan E-mail:
• Yahoo, di alamat http://mail.yahoo.com
• Plasa, di alamat www.plasa.com
• Telkom, di alamat www.telkom.com
• Gmail, dari Google di alamat http://mail.gmail.com
b) Chatting
Fasilitas dari internet yang memmungkin seseorang untuk berkomunikasi secara langsung (real time). Misalnya: Yahoo Messager.
c) Mailing List
Mailing List adalah sebuah aplikasi pada internet dimana kita dapat membuat sebuah komunitas untuk saling berdiskusi dan bertukar informasi dengan tema tertentu, semisal mailing list yang berisikan para pecinta fotografi, atau mailing list yang berisikan komunitas yang mempunyai hobi otomotif. Syarat mutlak yang harus dipenuhi untuk mengikuti sebuah mailing list adalah, Anda harus mempunyai email
5. Weblog (KLP C) Materi dari KLP A
Blog atau weblog adalah tren gaya hidup digital yang kian berkembang, hari demi hari. Di Internet, blog disediakan gratis untuk siapa saja. Termasuk desain, hosting hingga berbagai fungsi tambahan yang mempermanis tampilan blog. Gratis dan mudah diaplikasikan.
foto-foto, tulisan yang akan dimuat harus disiapkan terlebih dahulu (jangan lupa daftar nama dan alamat blog atau situs yang anda miliki).
Contoh weblog: www.blogger.com.
PENUTUP
1. Internet adalah singkatan dari Interconnected Network. Secara umum Internet adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan berbagai mesin komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Mesin komputer tersebut dapat berupa server, PC, handphone, PDA, dan lain-lain
2. Menurut kenji kitao, setidaknya ada enam fungsi internet yang dapat di manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari (kitao, 1998), yaitu fungsi sebagi alat komunikasi, sebagi alat mengakses informasi, fungsi pendidikan dan pembelajaran, serta fungsi tambahan, fungsi pelengkapan dan funsi pengganti
3. Hal-hal yang bisa di lakukan internet dalam pembelajaran di antaranya: Bowsing, cetting, jadi sumber belajar dan Searching.
DAFTAR PUSTAKA
Departemen Pendidikan Nasional, Slide PUSTEKOM (Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan)
Munir M,It, 2008 Kurikulum berbasisi teknologi informasi dan komunikasi Bandung: Alfabeta.
Puji Raharjo., Modul 3 Pelatihan Pemanfaatan Tik Untuk Pembelajaran Tingkat Nasional Tahun 2008 Pemanfaatan Internet Dalam Pembelajaran, Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Departemen Pendidikan Nasional.
Aceh forum community. http://www.acehforum.or.id/internet-pengertian-sejarah-t17173.html
http://stikom-pti2007-kelompok9.blogspot.com/2007/10/fungsi-internet.html
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/12/fungsi-internet/
Aceh forum community. http://www.acehforum.or.id/internet-pengertian-sejarah-t17173.html
Puji Raharjo., Modul 3 Pelatihan Pemanfaatan Tik Untuk Pembelajaran Tingkat Nasional Tahun 2008 Pemanfaatan Internet Dalam Pembelajaran, Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Departemen Pendidikan Nasional, 2008, Hal. 4.
Munir M,It, Kurikulum berbasisi teknologi informasi dan komunikasi (bandung: Alfabeta, 2008), hal. 195
ibid., Hal 5
ibid.
Munir M,It, op cit., hal. 196
http://stikom-pti2007-kelompok9.blogspot.com/2007/10/fungsi-internet.html
ibid.,
Ibid., hal. 197
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/12/fungsi-internet/
Munir M,It, op cit., hal. 199
Departemen Pendidikan Nasional, Slide PUSTEKOM (Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar